KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH SD
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN REMBANG
TAHUN 2018
NO STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUKUR INDIKATOR NO. SOAL
1.
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Peserta didik sanggup memilih arti pentingnya persatuan dan kesatuan bagi pembangunan bangsa. 1
Peserta didik sanggup memilih makna dari Bhineka Tunggal Ika. 2
Disajikan beberapa pernyataan, akseptor didik sanggup memilih rujukan sikap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 3
Disajikan ilustrasi, akseptor didik sanggup memilih rujukan sikap menghormati keragaman budaya daerah. 4
Menghormati perbedaan dalam kehidupan beragama. Disajikan ilustrasi, akseptor didik sanggup memilih rujukan sikap toleransi dalam beragama. 5
Disajikan urutan, akseptor didik sanggup memilih rujukan sikap menghargai orang lain dalam pergaulan di sekolah. 6
Peserta didik sanggup memilih rujukan sikap menghargai orang lain dalam pergaulan di masysrakat. 7
2. Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah. Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah. Disajikan ilustrasi, akseptor didik sanggup memilih rujukan sikap hidup rukun di rumah. 8
Disajikan beberapa pernyataan, akseptor didik sanggup memilih rujukan sikap hidup rukun di sekolah. 9
3. Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah. Melaksanakan kewajiban sebagai anggota keluarga. Peserta didik sanggup memilih salah satu kewajiban anak di rumah. 10
Peserta didik sanggup memilih salah satu cara menerapkan sikap disiplin di rumah. 11
Melaksanakan kewajiban sebagai siswa di lingkungan sekolah. Peserta didik sanggup memilih salah satu kewajiban siswa di sekolah. 12
Peserta didik sanggup memilih salah satu rujukan sikap menaati tata tertib di lingkungan sekolah. 13
4. Memahami hidup tertib dan gotong royong. Mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat. Peserta didik sanggup memilih salah satu tujuan dibentuknya peraturan di masyarakat. 14
Peserta didik sanggup memilih sumber dari salah satu norma di masyarakat. 15
Peserta didik sanggup memilih hukuman yang diterima, kalau melanggar salah satu norma yang berlaku di masyarakat. 16
Membiasakan hidup bekerjasama. Peserta didik sanggup memilih salah satu manfaat kerjasama. 17
Disajikan gambar, akseptor didik sanggup memilih salah satu rujukan hidup bantu-membantu di sekolah. 18
5.
Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis. Memiliki sikap cinta terhadap lingkungan. Peserta didik sanggup memilih salah satu rujukan sikap menjaga kelestarian lingkungan. 19
Peserta didik sanggup memilih salah satu akhir tidak menjaga kelestataran lingkungan. 20
Menerapkan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik sanggup memilih salah satu sikap demokratis dalam acara musyawarah di masyarakat. 21
Peserta didik sanggup memilih salah satu rujukan sikap demokratis di lingkungan sekolah. 22
6. Menampilkan sikap jujur, disiplin, bahagia bekerja, serta anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan Pancasila. Menerapkan sikap jujur, disiplin, bahagia bekerja, serta anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik sanggup memilih salah satu manfaat berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. 23
Peserta didik sanggup memilih salah satu rujukan sikap bekerja keras sebagai pelajar. 24
Disajikan beberapa rujukan perilaku, akseptor didik sanggup memilih rujukan sikap disiplin di rumah. 25
Peserta didik sanggup memilih salah satu akhir dari perbuatan korupsi. 26
7. Memahami system pemerintahan baik dalam tingkat tempat maupun pusat. Memahami sitem pemerintahan daerah. Disajikan denah sistem pemrintah di desa, akseptor didik sanggup melengkapinya. 27
Peserta didik sanggup memilih penyelenggara pemerintahan di tingkat daerah. 28
Disajikan daftar urutan, akseptor didik sanggup memilih secara sempurna urutan perangkat daerah. 29
Memahami kiprah pemerintah daerah. Disajikan daftar urutan, akseptor didik sanggup memilih secara sempurna kiprah DPRD. 30
Peserta didik sanggup memilih salah satu kiprah penegak aturan di daerah. 31
Menjelaskan cara pemilihan daerah. Peserta didik sanggup memilih salah satu persyaratan sebagai pemilih dalam pemilukada. 32
Disajikan gambaran kiprah panitia penyelenggara pemilukada, akseptor didik sanggup memilih nama penyelenggara tersebut. 33
Memahami system pemerintahan pusat. Disajikan kiprah dan wewenang forum negara, akseptor didik sanggup memilih nama forum negara tersebut. 34
Mengenal organisasi pemerintahan pusat. Peserta didik sanggup memilih kiprah forum legislatif dalam penyelenggaraan negara. 35
Menerapkan demokrasi dalam kehidupan. Peserta didik sanggup memilih salah satu asas dalam pemilihan umum. 36
8
Memahami makna keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia, dengan kepatuhan terhadap undang-undang, peraturan, kebiasaan, adat-istiadat, dan menghargai keputusan bersama Menjelaskan makna keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peserta didik sanggup memilih salah satu rujukan sikap rela berkorban demi kepentingan negara. 37
Disajikan ilustrasi, akseptor didik sanggup memilih hasil dari pelaksanaan Konggres cowok II. 38
Memahami Peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia Peserta didik sanggup memilih aturan dasar tertulis yang menjadi landasan konstitusinal bangsa Indonesia. 39
Mengenal nilai-nilai budaya bangsa Indonesia Peserta didik sanggup memilih salah satu nilai luhur keberagaman budaya bangsa yang harus dipertahankan dalam keberagaman. 40
9. Memahami dan menghargai nilai-nilai kejuangan bangsa Memahami nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan dasar negara Disajikan daftar urutan rumusan dasar negara, akseptor didik sanggup memilih gambar tokoh yang mengusulkannya. 41
Peserta didik sanggup memilih hasil rumusan dasar negara oleh Panitia Sembilan. 42
10. Memahami hubungan Indonesia dengan Negara tetangga dan politik luar negeri. Memahami hubungan Indonesia dengan Negara tetangga. Disajikan urutan, akseptor didik sanggup memilih latar belakang berdirinya ASEAN. 43
Disajikan ilustrasi, akseptor didik sanggup memilih jenis kerjasama antar bangsa. 44
Disajikan ilustrasi, akseptor didik sanggup memilih salah satu kerjasama di bidang ekonomi dengan negara-negara tetangga. 45
Peserta didik sanggup memilih salah satu kerjasama di bidang sosial budaya dengan negara-negara tetangga. 46
Menjelaskan politik luar negeri Indonesia. Disajikan ilustrasi, akseptor didik sanggup memilih pengertian dari pelaksanaan politik luar negeri Indonesia. 47
Disajikan tabel, akseptor didik sanggup memilih nama tokoh pemrakarsa Gerakan Non Blok dan negara asalnya. 48
Peserta didik sanggup memilih rujukan peranan politik luar negeri Indonesia di PBB. 49
Peserta didik sanggup memilih salah satu peranan PBB dalam usaha bangsa Indonesia. 50
Download Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah Sd Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Tahun Pelajaran 2017/2018 >>>> DISINI
Advertisement