Silabus muatan mata pelajaran Matematika untuk kelas 3 SD sesuai Kurikulum 2013. |
Silabus tematik Kurikulum 2013 yang dikembangkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan merupakan suatu model, satuan pendidikan sanggup membuatkan silabus tematik dengan mengambil tema yang diubahsuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan.
Baik Silabus maupun RPP yang dikembangkan haruslah bersesuaian pula dengan pendekatan yang diamanahkan oleh Kurikulum 2013, yakni mengacu pada pendekatan berbasis proyek, pendekatan inkuiri dan discovey, atau pembelajaran dengan pendekatan tematik.
KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA KELAS 3 KURIKULUM 2013
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
3.2 Menjelaskan bilangan cacah dan penggalan sederhana yang disajikan pada garis bilangan
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.4 Menggeneralisasi wangsit penggalan sebagai bab dari keseluruhan memakai benda-benda aktual
3.5 Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan penggalan berpenyebut sama
3.6 Menjelaskan dan memilih usang waktu suatu insiden berlangsung
3.7 Mendeskripsikan dan memilih kekerabatan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya dipakai dalam kehidupan sehari-hari
3.8 Menjelaskan dan memilih luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan memakai benda konkret
3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada berdiri datar memakai benda konkret
3.10 Menjelaskan dan memilih keliling berdiri datar
3.11 Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
3.12 Menganalisis aneka macam berdiri datar menurut sifat-sifat yang dimiliki
3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri penerima didik yang disajikan dalam diagram gambar
Satuan pendidikan juga sanggup pribadi memakai model silabus ini atau sanggup juga dengan mengadaptasi sesuai karakteristik satuan pendidikan. Silabus Matematika untuk kelas 3 SD sesuai dengan Kurikulum 2013 sanggup didownload melalui tautan berikut:
Pengembangan silabus harus memperhatikan pada SKL (Standar Kompetensi Lulusan) dan SI (Standar Isi). Pola pembelajaran pada setiap tahun aliran tertentu juga harus menjadi acuan dalam pengembangan silabus ini untuk sanggup kemudian dipergunakan sebagai pola dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.
Advertisement