'/> Download Perangkat Pai Kelas Xi Kurikulum 2013 Lengkap

Info Populer 2022

Download Perangkat Pai Kelas Xi Kurikulum 2013 Lengkap

Download Perangkat Pai Kelas Xi Kurikulum 2013 Lengkap
Download Perangkat Pai Kelas Xi Kurikulum 2013 Lengkap


Satuan Pendidikan         : SMA Negeri ....................
Kelas / Semester             : XI / 4
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Islam
Topik                                    : Rasul-rasul itu kekasih Allah swt
 Materi Pokok                   : Makna kepercayaan kepada Rasul-rasul Allah SWT.
Alokasi Waktu                  : 2 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan         : 2 x Pertemuan

A.     Kompetensi Inti :
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan memperlihatkan sikap sebagai cuilan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
.
Menghayati dan mengamalkan   fatwa agama yang dianutnya Download Perangkat PAI Kelas XI Kurikulum 2013 Lengkap


B.        Kompetensi Dasar :
1.2. Menghayati nilai-nilai keimanan kepada rasul-rasul Allah Swt.
3.4 Memahami makna kepercayaan kepada rasul-rasul Allah Swt.
4.6 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
C.        Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1.       Mampu menghayati nilai-nilai keimanan kepada rasul-rasul Allah Swt.
2.       Mampu memahami makna kepercayaan kepada rasul-rasul Allah Swt.
3.       Mampu menjelaskan kandungan dalil naqli wacana kepercayaan kepada rasul-rasul  Allah swt,
4.       Dapat berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. Dalam kehidupan sehari-hari.

D.       Materi Pembelajaran :
     Iman kepada Rasul-rasul Allah swt .
  1. Materi Fakta (sesuatu yang sanggup diindera)
Iman kepada Rasul-rasul Allah swt
  1. Materi Konsep (gabungan antar fakta yang saling berhubungan)
a.       Pengertian Iman kepada Rasul-rasul Allah swt.
b.       Dalil naqli wacana Iman kepada Rasul-rasul Allah swt
c.       Sikap Mengimani Rasul Allah;
  1. Materi Prinsip (generalisasi hubungan antar konsep-konsep yang berkaitan: hukum, teori, azas)
a.       Hikmah  apa yang diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah swt
b.      Menampilkan sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah  sebagai refleksi dari kepercayaan kepada Rasul-rasul Allah swt
  1. Materi Prosedur (sederetan langkah yang sistematis dalam menerapkan prinsip)
a.     Penghayatan Iman kepada Rasul Allah swt
b.    cara mengimani Rasul-rasul Allah swt







E.       Kegiatan Pembelajaran:
1.      Pertemuan Pertama : 3 JP

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Langkah-Langkah :


·         Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
·         Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, daerah duduk, dan perlengkapan lainnya),
·         Guru mengajak akseptor didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
·         Guru memberikan klarifikasi wacana tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
·         Guru melaksanakan appersepsi (sejauh mana akseptor didik memahami hubungan pelajaran yang kemudian dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
·         Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman akseptor didik terhadap materi yang akan diajarkan.
·         Guru memberi motivasi akseptor didik


25  menit
Kegiatan
Inti
Discovery Based Learning
·      Mengamati
-       Mencermati teks bacaan wacana ketentuan beriman kepada Rasul-rasul Allah SWTsecara individu maupun kelompok.
·      Menanya
-       Mengajukan pertanyaan, contohnya wacana makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?, nasihat apa yang diperoleh dari beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT ?, bagaimana sikap kita terhadap  keimanan kepada Rasul-rasul Allah SWT? Bagaimana cara mengimani Rasul-rasul Allah swt?
·      Eksperimen/Eksplore
-       Diskusi wacana makna bagaimana cara mengimani Rasul-rasul Allah SWT? dalam persfektif Islam,
-       Diskusi wacana cara beriman terhadap Rasul-rasul Allah SWT?
-       Menganalisa nasihat beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
·      Assosiasi
-       Menyimpulkan makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
-       Menyimpulkanhikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?
·      Komunikasi
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi wacana tentang makna beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT?, serta hikmahnya.
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
·      Refleksi
-       Menampilkan sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah  sebagai refleksi dari kepercayaan kepada Rasul-rasul Allah SWT?
-       Menunjukkan sikap  ketauladanan sebagai cerminan penghayatan terhadap kepercayaan kepada Rasul-rasul Allah SWT?

95  menit

Penutup

·         Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai materi masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
·         Merencanakan acara tindak lanjut dengan memperlihatkan kiprah baik cara individu maupun kelompok bagi akseptor didik yang menguasai materi;
·         Guru memberikan planning pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

25 menit

2.      Pertemuan kedua : 3 JP
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Langkah-Langkah :


·         Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
·         Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, daerah duduk, dan perlengkapan lainnya),
·         Guru mengajak akseptor didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
·         Guru memberikan klarifikasi wacana tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
·         Guru melaksanakan appersepsi (sejauh mana akseptor didik memahami hubungan pelajaran yang kemudian dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
·         Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman akseptor didik terhadap materi yang akan diajarkan.
·         Guru memberi motivasi akseptor didik


25 menit
Kegiatan
Inti
Discovery Based Learning
Mengamati
·         Guru menyimak bacaan siswa wacana dalil naqli wacana kepercayaan kepada rasul-rasul  Allah swt.
·         Guru mengamati sikap perilaku yang mencerminkan kepercayaan kepada rasul-rasul Allah swt
Mengkomunikasikan:
·         Menyajikan/melaporkan hasil diskusi wacana dalil naqli  beriman kepada Rasul-rasul Allah SWTMenanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
·         Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-                    
Refleksi
·         Menampilkan sikap sidiq, amanah, tabligh dan fathonah  sebagai refleksi dari kepercayaan kepada Rasul-rasul Allah SWT?
·         Menunjukkan sikap  ketauladanan sebagai cerminan penghayatan terhadap kepercayaan kepada Rasul-rasul Allah SWT?

95  menit

Penutup

·         Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai materi masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
·         Merencanakan acara tindak lanjut dengan memperlihatkan kiprah baik cara individu maupun kelompok bagi akseptor didik yang menguasai materi;
·         Guru memberikan planning pembelajaran pada per­temuan berikutnya.Mengucapkan salam

25 menit

F.       Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan :  
                    

Download Perangkat PAI Kelas XI Kurikulum 2013 Lengkap :


Advertisement

Iklan Sidebar